Depot Air Minum mineral dan RO

Depot Air Minum

Depot Air Minum
depot air minum

Depot Air Minum di berbagai daerah perkembangannya sangat pesat, sebagai contoh di cirebon, brebes, kuningan, indramayu, Sukabumi ,Depok, Cimahi, Bogor, Bekasi, Banjar, Bandung, Tasikmalaya, Sumedang, Sukabumi, Subang, Purwakarta, Pangandaran, Majalengka, Kuningan, Karawang, Garut, Cianjur, Ciamis, Bogor, Bekasi, Bandung, Brebes, tegal, Magelang , Jepara, Pekalongan , Cilacap, Pemalang, Klaten, Kebumen, Grobogan, Demak. Disetiap desa di daerah tersebut hampir terdapat 2-10 Usaha tersebut. fenomena ini disebabkan oleh pergeseran cara mendapatkan air bersih, dulu untuk masyarakat mengambil dari sumur, sekarang dipakai air  galon.

Umumnya peralatan isi ulang adalah sebagai berikut ;

Alat Depot Air Minum isi ulang  Mineral

  • Tangki / tandon / torn berguna untuk menampung bahan baku dan atau hasil pengolahan depot isi ulang. Ukuran tangki plastik PE yang biasa di pakai 5300 Liter, 3000 liter, 2200 Liter, 1000 liter dan 550 liter.
  • Tabung Media berfungsi sebagai wadah dari media filter
  • Media Filter berfungsi untuk menyerap / menyaring zat-zat polutan, media filter yang dipakai biasanya carbon aktif, pasir silica, zeolit, resin
  • Cartridge Filter, adalah filter yang berbentuk cartridge seperti Sedimen/spoon filter, Granular active carbon atau GAC, CTO ( Carbon taste and Odor reduction)
  • Housing Filter , berfungsi sebagai wadah untuk cartridge fiter. umumnya dipakai ukuran 10 inchi tetapi ada juga yang memakai ukuran 20 inchi, dengan pilihan warna transparan dan juga solid seperti biru dan putih
  • Lampu Ultraviolet berfungsi  untuk sterilisasi menggunakan metode pemancaran sinar ultraviolet , sehingga mematikan bakteri berbahaya , terutama e-coli dan coliform.
  • Ozon Generator berfungsi untuk sterilisasi menggunakan gas Ozone
  • Lemari isi ulang / etalase depot,  tempat terpasangnya housing Filter, Ultraviolet, ozone, Tabung Media.
  • Aksesoris lain dipakai adalah ;
    • Solenoid valve
    • Lampu warna biru
    • Corong dan Nozzel
    • Saklar
    • Sikat Galon .
    • Pompa
    • knee, Tee, pipa, Lem, seal tape dll.

Berikut daftar harga Paket Alat Depot  air isi ulang Kami, Klik Disini

Alat Depot Air Minum isi ulang  RO

mesin ro 2000gpd
mesin ro 2000gpd

Untuk depot isi ulang Ro (reverse osmosis) perlu tambahan mesin RO (reverse osmosis) yang peralatannya adalah ; booster pump, membrane Ro, flow meter pressure gauge dan aksesoris lainnya.

Modal yang diperlukan untuk membuat Usaha  isi ulang ini bervariasi mulai dari 15 jt rupiah s/d 70jt. tergantung dari kapasitas dan kualitas peralatan yang digunakan. Investasi itu bisa jadi belum termasuk modal untuk penyediaan  tempat usaha. Keuntungan dari usaha isi ulang galon ini lumayan menggiurkan, untuk omset penjualan 50 galon perhari dengan harga jual Rp 3500 – 4500 pemilik isi ulang mineral bisa meraup keuntungan bersih 100rb – 200rb per hari, untuk pemilik isi ulang RO dengan harga jual Rp 6000-10.000 dengan omset 50 galon perhari  bisa mendapatkan keuntungan sekitar 150rb- 300rb perhari.

mesin RO 2000gpd dan 6000gpd
mesin RO 2000gpd-6000gpd

Untuk Harga Depot Air isi ulang Mineral  dan RO 400 Galon, Klik Disini

Untuk Harga Depot Air iSi ulang Mineral  dan RO 40 Galon, Klik Disini

 

isi ulang Alkali

Apa itu isi ulang alkali ? isi ulang alkali adalah isi ulang yang menghasilkan air dengan PH 8,5 -9. Sebenarnya di standar  Permenkes No. 492 Tahun 2010, pH (Potential of Hidrogen) yang layak di konsumsi adalah  6,5 sampai 8,5. Maka sebaiknya untuk pH kita batasi sampai dengan 8,5 saja, agar sesuai dengan peraturan yang ada.

airminum alkali ini bisa dihasilkan dengan menambahkan filter alkali pada depot isi ulang mineral maupun depot isi ulang RO. Filter ini ditambahkan sebelum masuk ke Ultraviolet dan di isikan ke galon.

Ada juga mesin filter alkali yang builtup dinamakan Water Ionizer filter, contohnya adalah mesin kangen water, prinsip kerja dari water ionizer ini adalah dengan sistem electrolisis water system dengan menggunakan beberapa plat anoda dan katoda serta penambahan filter alkali yang harus rutin diganti setelah pemakaian tertentu.

***

Setelah terpasang  maka pemilik wajib memeriksa kelayakan yang di hasilkan dari proses depot isi ulang galon ini. Biasanya Petugas Pemeriksaan dari Dinas Kesehatan di Puskemas bagian Kesehatan lingkungan, untuk pertama kali paramater yang di periksa adalah Kimiawi, Fisik dan Bakteriologi. Setelah selesai pemeriksaaan 3 paramaeter tersebut dan lulus selanjutnya di ajukan sertifikat Laik Sehat.

Setelah Alat Depot Air Minum isi ulang  beroperasai

maka harus dilakukan perawatan rutin pergantian filter dan pengecekan di laboratorium Dinkes setiap bulan, agar kualitas yang di hasilkan stabil memenuhi standar kelayakan.

parameter-air-minum

Permenkes No. 492 Tahun 2010 , KLIK DISINI untuk lebih jelasnya.

Secara Singkat Parameternya adalah  ;

  1. Fisik ; Jernih, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung padatan terapung, temperatur normal
  2. Kimiawi ;
    •  Kesadahan, Kesadahan nonkarbonat (permanen) disebabkan olehsulfat dan karbonat, Chlorida dan Nitrat dari Magnesium dan Kalsium disamping Besidan Alumunium
    • pH (derajat keasaman) 6,5-8,5
    • Besi Batas maksimal  adalah 1,0 mg/l
    • Aluminium < 0,2 mg/l
    • dll
  3. Bakteriologi ;
    • Kandunagn  E. coli atau Fecal coli dalam  per 100 ml sampel = 0
    • Total Bakteri Coliform dalam  per 100 ml sampel = 0

***

Cara Perawatan mesin Depot air minum isi ulang

Agar air yang dihasilkan terjaga kualitasnya perlu di lakukan perawatan berkala, perawatan dilakukan dengan cara sebagai berikut ;

  1. Melakukan penggantian Filter sedimen dan filter Cto minimal satu bulan sekali, atau setelah menghasilkan produksi air 30.000 liter, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu.
  2. Membersihkan tangki air penampungan paling lama 3 bulan sekali, endapan-endapan dibawah tangki air dibersihkan dengan menggunakan pompa celup.
  3. Mengganti Lampu Ultraviolet minimal 1 tahun sekali, untuk memastikan kinerja lampu Ultraviolet tetap maksimal.
  4. Mengecek fungsi ozon generator apakah masih berfungsi atau tidak, udara yang dihasilkan oleh ozon generator baunya khusus, apabila sudah tidak ada baunya itu menandakan ozon generator sudah tidak berfungsi.
  5. Melakukan pergantian media filter seperti carbon aktif dan pasir silica setiap 2 tahun sekali.
  6. Periksa kebocoran-kebocoran difilter setiap pagi.

Strategi Pemasaran Depot Air minum isi ulang

Untuk bisa sukses sebagai pengusaha air isi ulang, kita harus mempunyai strategi yang jitu, bagaimana agar air isi ulang kita diminati oleh masyarakat?

Berdasarkan pengalaman kami di lapangan, startegi yang paling efektif dalam mejalankan usaha air isi ulang ini adalah dengan berbagi, Ya BERBAGI.

Berbagi disini yang dimaksud adalah berbagi keuntungan dengan karyawan pengantar galon dan berbagi keuntungan dengan konsumen.

Kunci sukses usaha air isi ulang ini terletak pada Karyawan pengantar air galon, jika kita mempunyai karyawan pengantar galon yang mempunyai semangat yang tinggi dan mau bekerja keras, Insya Allah 90% usaha kita akan sukses. Semangat tinggi dan kemauan kerja keras ini harus kita apresiasi dengan memberikan bonus untuk setiap pernjualan air pergalon, jadi selain mendapatkan gaji tetap, karyawan juga mendapatkan bagi hasil dari penjualan pergalon. Dengan begitu semangat dan kerja keras karyawan tetap terjaga karena ada efek peningkatan pendapat bagi mereka.

Bagaimana cara untuk mendapatkan pelanggan?

Cara termudah, efektif dan efisien untuk mendapatkan pelanggan adalah dengan memberikan air secara gratis saat kita pertama membuka usaha air isi ulang. Saat pertama membuka usaha, kita persiapkan minimal 400 buah galon, isi 400 galon itu dengan air kita, lalu bagikan secara gratis ke lingkungan sekitar, kita catat data penerima air gratis ini, setelah 3 hari kemudian kita datangi calon-calon pelanggan tersebut, dari 400 orang penerima air gratis ini, biasanya ada repeat order, misalkan dari yag kita kasih gratis 400 galon, setelah kita datangi hanya ada 20% yang repeat order dengan asumsi yang 80 % ada yang air digalon belum habis, atau ga mau beli air, Maka hari itu kita dapat penjualan sebanyak 80Galon. Ulangi langkah tersebut sampai stok 400 galon sudah dipakai semua sama pelanggan yang mau membayar.

Contoh Foto depot air isi ulang

depot-air-minum-isi-ulang-8000liter

 


About admin

Supplier Distributor Agen Jual harga Murah depot air minum isi ulang dan Filter penjernih sumur, Galon, media karbon